gravatar

Yang Seharusnya Diketahui Sebelum Menikah


Jakarta - Kehidupan pernikahan yang sudah dibayangkan, ternyata tak seindah kenyataannya. Hal tersebut dirasakan beberapa orang, mungkin termasuk Anda. Untuk yang akan menikah, berikut ini lima hal yang perlu diketahui agar tak menyesal kemudian, seperti dilansir Family Time.

1. Anda dan pasangan adalah orang-orang egois

Mungkin sulit bagi Anda menerima kenyataan di poin nomer satu, namun itulah yang terjadi. Saat sudah menikah, Anda akan terkaget-kaget betapa sebenarnya si dia bisa berubah egois atau sebaliknya. Lebih baik tunjukkan sifat egois yang kadang muncul itu sejak sebelum menikah dan komunikasikan dengan pasangan bagaimana mengatasi hal tersebut.

2. Tidak semuanya tentang Anda

Pernikahan bukan hanya untuk kebahagaiaan Anda. Bukan juga hanya karena kebutuhan Anda terpenuhi. Menikah adalah bagaimana Anda dan pasangan melayani satu sama lain. Menikah adalah bagaimana Anda dan si dia menjadi sebuah keluarga. Ketika memutuskan menjadi sepasang suami-istri, Anda dan pasangan berkomitmen untuk terus saling mencintai dan menyayangi dalam suka maupun duka. Terdengar klise, tapi memang begitulah adanya. Menerima keburukan dan kelebihan pasangan begitu juga sebaliknya. Harus ada kerjasama dan komunikasi yang baik untuk mewujudkan sebuah pernikahan bahagia.

3. Orang yang paling Anda cintai bisa jadi orang yang paling membuat sakit hati
Poin ketiga ini adalah risiko yang harus Anda terima saat sudah menikah. Tersakiti di sini bukan berarti Anda menerima saat dia melakukan KDRT. Maksud poin ketiga adalah, ketika seseorang yang Anda cintai melakukan sesuatu yang membuat Anda sedih, tentu hal itu membuat Anda sakit hati dan merana.

Jika hal itu terjadi, bukan berarti Anda tidak cocok dengannya. Komunikasikan dulu dan carilah solusi dari masalah yang terjadi.

4. Anda tidak bisa melakukannya sendiri

Sebuah pernikahan, tidak bisa dipertahankan sendiri. Harus ada kerjasama dengan pasangan untuk membuat pernikahan itu berhasil. Jika ternyata hanya satu orang saja yang berusaha, bersiaplah menghadapi keretakan rumah tangga.

5. Jangan berhenti menikmati kebersamaan berdua

Ketika belum menikah, Anda rutin pergi berduaan saja dengan pasangan. Saat sudah menjadi pasangan suami-istri, kebiasaan itu jarang dilakukan atau bahkan tidak ada sama sekali.

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk melakukan poin kelima ini. Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, seperti makan bersama, nonton film favorit, atau menikmati obrolan yang jadi rahasia Anda dan si dia. Nikmati semua hal kecil yang ada dalam hidup bersama si dia.